Minggu, 04 Januari 2009

Mengenal Singkat Delphi

Jika anda pernah belajar pascal, maka belajar delphi menjadi lebih mudah, Ya, karena pascal adalah cikal bakal terciptanya delphi. Delphi adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi program, Delphi termasuk OOP (object oriented programming) alias pemograman berbasis objek artinya delphi menyediakan objek-objek yang bisa kita program, seperti edit,button,memo,label dan msh banyak lagi lainnya.


A. IDE (Integrated Development Environment) Delphi

IDE secara lugas dapat kita artikan sebagai lingkungan kerja dimana program dibuat,

Berikut screenshot IDE Delphi :



Dari gambar diatas, setidaknya dapat dibagi menjadi 4 hal, yaitu :

  1. Menu Utama


Menu utama mempunyai fungsi dasar sama seperti pada menu utama software yang pernah kita pakai (Cuma beda isi saja).


  1. Component Pallete

Component Pallete berisi object-object /komponen yang dapat kita gunakan untuk membuat program, seperti object edit, button, radiobutton dan lain-lain.


  1. Object Tree View


Object Tree View berisi tentang daftar komponen yang sedang kita pakai dalam pembuatan program.


  1. Object Inpector

Gambar A

Gambar B

Object Inspector digunakan untuk mengatur properties komponen (Gambar A) seperti nama komponen, caption komponen, warna komponen dan lain-lainnya. Selain itu object inspector digunakan untuk mengatur events komponen (Gambar B) seperti onclick, onkeypress dan lain-lain (events secara lugas dapat diartikan sebagai tempat dimana kita menuliskan koding program pada suatu komponen),


Gambar C (Tempat koding program ditulis)


Gambar C merupakan tempat untuk menuliskan koding program pada events onclik button. Gambar A, B dan C diatas merupakan object inspector properties dan events untuk komponen button.


  1. Form Designer


Form designer digunakan untuk meletakan komponen-komponen yang ada pada component pallete, pada form designer diatas, terdapat 3 (tiga) komponen yaitu : komponen label, komponen edit dan komponen button. Ketiga komponen diatas dapat diambil melalui tab standard komponen pallete.

A. Cara menyimpan dan menjalankan program

Ada 2 (dua) type/ektensi file yang harus kita simpan pada saat kita membuat program, yaitu :

1. File dengan ekstensi .dpr

File ini digunakan untuk menyimpan project program yang kita buat.

  1. File dengan ekstensi .pas

File ini digunakan untuk menyimpan koding program yang dituliskan oleh kita maupun Sistem.

File yang disimpan tidak hanya file diatas, masih ada beberapa type/ekstensi file yang perlu disimpan seperti file dengan ekstensi .dcu, .dfm dan lain-lain, namun file-file tersebut secara otomatis disimpan oleh delphi saat kita menyimpan file dengan ekstensi .dpr dan .pas.

untuk menjalankan/mengcompile program yang kita buat, dapat dilakukan dengan 2 (dua) cara, yaitu pada menu utama pilih run atau dengan cara menekan tombol F9 pada keyboard.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar